Senin, 10 Agustus 2015

RSUD Nunukan Go International

Penandatanganan MOU




Sejak 7 Agustus 2015 RSUD Nunukan telah menandatangani kesepakatan dengan Perusahaan Swasta Pemeriksa Kesehatan Tenaga Kerja di Malaysia yaitu Growarisan, Sdn.Bhd tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja Indonesia. Seperti di ketahui Growarisan adalah salah satu perusahaan swasta yang ditunjuk oleh Pemerintah Malaysia untuk melakukan Pemeriksaan Kesehatan kepada semua imigran yang masuk ke Sabah Malaysia dan akan bekerja di Ladang / Kebun di Sabah , Malaysia.
Seperti yang disampaikan Bapak Muhammad Shaleh Konsulat RI di Tawau Malaysia, RSUD Nunukan harus menyiapkan diri dengan melengkapi berbagai macam sarana dan prasarana guna mendukung kerjasama yang telah disepakati dengan Growarisan. Jangan sampai nanti mengecewakan Pihak Growarisan dan juga dari TKI itu sendiri. Konsulat juga menyampaikan bahwa RSUD Nunukan sudah Go Internasional menjadi kebanggaan dan contoh di daerah Perbatasan sehingga nantinya dapat diikuti oleh Rumah Sakit - Rumah Sakit lain di wilayah Perbatasan.
Seperti diketahui pembicaraan kerjasama dengan Growarisan sudah dimulai dari tahun 2012 oleh Kementerian Kesehatan dengan difasilitasi oleh Konsulat RI di Tawau dan baru tahun 2015 ini secara tertulis disepakati. Disampaikan juga bahwa penandatanganan kesepakatan ini harus ditindaklanjuti lagi dengan pembicaraan teknis pemeriksaan kesehatannya, sehingga jelas petunjuk teknis pelaksanaannya nanti dan memudahkan kedua belah pihak dalam pelaksanaan di lapangan.
Bupati Nunukan Drs Basri, Msi yang ikut menyaksikan penandatanganan kerjasama dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan suatu upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada keluarga kita yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia Sehingga diharapkan TKI yang bekerja di Negeri sebelah benar - benar dalam kondisi sehat. Pemerintah Kabupaten Nunukan juga ikut berbenah sehingga kedepannya pelan - pelan penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia benar - benar sesuai dengan harapan dan dapat produktif sesuai dengan kompetensinya didukung dengan kondisi kesehatan TKI yang baik.
Mr. Yeoh selaku CCO Growarisan, Sdn.Bhd menyampaikan bahwa Pihaknya menyambut baik kerjasama ini dan akan mengedepankan pelayanan yang baik serta sikap saling menghormati dengan saling mengimplementasikan apa yang sudah disepakati bersama dalam Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja Indonesia. Dengan kerjasama ini juga diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit menular dengan penemuan secara dini dan saling memberikan informasi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.
Dr. Dulman selaku pelaksana tugas direktur RSUD Nunukan juga menyampaikan bahwa RSUD Nunukan akan memberikan pelayanan yang terbaik dan melengkapi semua sarana dan prasarana guna menunjang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja Indonesia dengan standar Internasional.
Penandatanganan kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti oleh masing - masing Pihak untuk menyusun prosedur teknis pelaksanaannya serta membicarakan item pemeriksaan teknis yang dibutuhkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bupati Nunukan menyampaikan bahwa dalam waktu 1 bulan kedepan diharapkan secara teknis sudah dapat di mulai.
Sementara dalam internal rumah sakit sendiri berbagai persiapan sudah mulai dibuat dengan menyusun draf prosesur pemeriksaan, pemenuhan kebutuhan peralatan, sumber daya serta pembentukan tim teknis guna mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan TKI. (Humas RSUD Nunukan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca yang terhormat,
anda dipersilahkan memberikan komentar yang positif, konstruktif yang wajar terkait tulisan di blog resmi RS Nunukan ini.
Terima kasih telah mampir di website kami

admin