Senin, 25 April 2011

dokumentasi kunjungan Tim BLUD RS Nunukan di RSU Bontang


dr. IGAP Arisantha dalam kegiatannya di Bontang

 Dalam mewujudkan misinya menjadi Rumah sakit perbatasan yang mampu melayani masyarakat perbatasan dengan baik, RSU Nunukan membentuk tim Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bertugas menyiapkan segala perangkat yang dibutuhkan utamanya menyangkut landasan hukum dan dasar aturan internal sehingga Rumah sakit berjalan lebih akuntable dan transparan  serta efektif dalam tatakelole keuangannya. Perubahan status Rumah sakit konvensional menjadi BLUD memberikan rumah sakit kemudahan bergerak untuk mengembangkan diri dan memperkuat efisiensi.

Salah satu Rumah sakit yang kami pelajari pola BLUD-nya adalah RSUD Bontang yang telah melaksanakan pola tata kelola keuangan BLUD terlebih dahulu dari RSUD Nunukan. sebagian anggota tim yang dipimpin oleh kepala bidang pelayanan dr. IGAP Arisantha, MPH. didampingi dr. Kamardy Nur, bpk. Asmady, bpk. Ambo Asse dan staf bertugas meneliti dan mengamati untuk kemudian memberikan saran dan bahkan membuat regulasi yang sesuai dengan situasi rumah sakit terkini.

Status BLUD rumah sakit di banyak rumah sakit pelaksana telah terbukti berjalan dengan baik jika dikerjakan dengan akuntabilitas yang baik. Namun selayaknya pisau bermata dua, bila syarat akuntabilitas yang baik ini tidak sama-sama dijaga justru akan fatal akibatnya bagi rumah sakit yang tentunya membawa kerugian menurunnya kualitas dan kuantitas pelayanan yang diharapkan masyarakat.

Ayo semangat Rumah sakit Umum Daerah Nunukan!!! (sa_w)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca yang terhormat,
anda dipersilahkan memberikan komentar yang positif, konstruktif yang wajar terkait tulisan di blog resmi RS Nunukan ini.
Terima kasih telah mampir di website kami

admin