Kamis, 17 Maret 2011

Larangan Merokok di Lingkungan Rumah Sakit Umum Nunukan (bagian satu)

oleh : Senoaji Wijanarko

Kebiasaan merokok bagi sebagian masyarakat sangat sulit ditinggalkan, utamanya yang sudah kecanduan, tanpa rokok serasa hampa. Sebagai salah satu kebiasaan (buruk), asap rokok dewasa ini begitu memasyarakat tidak mengenal umur dan lokasi. Mulai dari fasilitas umum non kesehatan hingga fasilitas kesehatan semisal klinik, puskesmas, dan rumah sakit tak terkecuali Rumah Sakit Umum Nunukan. 

Begitu buruknya kebiasaan merokok ini hingga merambah ke beberapa oknum Rumah Sakit yang notabene seharusnya mengerti mengenai efek negatif merokok ini dan seharusnya pula menjadi contoh bagi masyarakat agar tidak merokok di lingkungan Rumah Sakit. Tulisan ini tidak akan membahas  mengenai betapa banyak penyakit yang diakibatkan merokok dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Namun lebih ke dampak kesehatan dan sosial  bagi para perokok pasif.

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, namun kebetulan "bernasib buruk" berada di lingkungan perokok. Perokok pasif ini bisa siapa saja, mulai bayi baru lahir yang kebetulan bapak/ ibunya perokok, hingga lansia (lanjut usia). Banyak alasan seseorang tidak merokok, antara lain: alergi asap rokok dan tidak biasa merokok. Seseorang yang tidak merokok dengan alasan alergi umumnya menghindari asap rokok maupun kebiasaan buruk ini, karena efeknya pada saluran pernafasan hingga paru-paru begitu spontan. Tak kurang mulai dari batuk, bersin-bersin, hingga pada kasus yang lebih parah radang paru-paru.

Mengapa perokok pasif sangat mudah terganggu kesehatannya jika dibandingkan perokok aktif?

Pertama, perokok aktif pada umumnya "lebih siap", mempersiapkan dirinya untuk membatasi sejauh mana asap rokok ini terhirup dalam saluran pernafasannya. Berbeda dengan perokok pasif, golongan ini sama sekali tidak siap menerima asap rokok, ditambah lagi jika alergi justru memperparah kondisinya. Masalah ini makin diperburuk dengan ketidakberanian lingkungan melarang perokok aktif menghentikan aksi merokok di tempat umum tanpa memperdulikan lingkungan. Akhirnya bisa ditebak perokok pasif ini dipastikan akan sakit.
Kedua, masih terkait dengan point pertama, aksi merokok yang "dibiarkan" ini menjadi "role model" yang seolah bisa ditiru masyarakat pelajar dan dewasa usia produktif ditambah lagi "sugesti -salah" iklan rokok yang meracuni melalui semua media massa di Indonesia, semakin memperburuk keadaan dengan munculnya "kader" perokok-perokok baru di lingkungan kita. Di beberapa tempat, serasa bukan hal tabu sang anak di usia sekolah merokok bahkan minum alkohol bersama ayah atau pamannya. Tentu hal ini pun bukan tanpa sebab,  jika ditelusuri lebih jauh permasalahan ekonomi menghimpit memaksa kondisi yang menyebabkan tingkat pendidikan rendah sehingga apa yang diajarkan di dunia pendidikan tidak sampai sasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pembaca yang terhormat,
anda dipersilahkan memberikan komentar yang positif, konstruktif yang wajar terkait tulisan di blog resmi RS Nunukan ini.
Terima kasih telah mampir di website kami

admin